Rekaman Siaran: Peringatan Setahun Kekerasan Aparat di Temon

Tepat satu tahun yang lalu, pada tanggal 27-29 November, terjadi pemutusan listrik secara paksa, pendobrakan rumah warga, perobohan pohon, perusakan jalan, intimidasi, dan kekerasan fisik, berturut-turut dilakukan oleh Angkasa Pura I bersama aparat terhadap warga penolak pembangunan NYIA.
Kekerasan itu berlanjut terhadap 500 orang yang datang ke Temon untuk bersolidaritas dan menggagalkan upaya penggusuran yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, bersama aparat dan alat berat, pada tanggal 4 Desember. Keesokan harinya, dengan jumlah aparat yang lebih banyak, kekerasan fisik berlanjut disertai penangkapan terhadap 15 orang kawan-kawan yang sedang beristirahat.
Satu tahun yang lalu, intimidasi, penangkapan, dan kekerasan negara terhadap warganya telah dianggap wajar. Apakah ini dibenarkan di negara yang katanya menjunjung tinggi hukum dan HAM?
Siaran Radio Solidario kali ini merupakan Peringatan Satu Tahun Penyerangan Aparat Terhadap Warga Penolak NYIA, yang akan berbagi cerita dan refleksi untuk menghadang perampasan lahan oleh negara.