Rekaman Siaran: Kabar Kawan Tamansari RW 11


Kota Bandung! Apa yang terbayang di benak kalian ketika mendengar nama kota ini? Kota yang di dalam imajinasi kebanyakan orang memiliki taman yang asik untuk berselfie ria, tempat wisata menarik dan unik nan gimmick, kota yang ramah, tempat belanja barang murah dan bagus, dan banyak framing lainnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi kampung kota dan warganya? Tempat di mana orang-orang miskin kota, buruh-buruh tinggal, menghidupi hidupnya dan menulis sejarah hidup mereka? Kami ingin berkata bahwa “Bandung Sedang Tidak Baik-baik Saja”. Bahwa Bandung sedang dilanda bencana yang direncana dan tersistematis bernama “Penggusuran”. Bandung yang bergelar “Bandung Lautan Api” dikenang karena kota ini menjadi saksi sejarah dari perjuangan rakyatnya yang menolak tunduk dan ingin terlepas dari penjajahan dan merebut kemerdekaan, kini berganti julukan menjadi “Bandung Lautan Penggusuran”. Warga bersama solidaritas kota Bandung bahu membahu menggalang kekuatan perlawanan. Sudah puluhan kali aksi yang mereka lakukan. Agenda-agenda festival juga sering dilakukan di reruntuhan kampung kota mereka.

Solidario ingin mengajak melihat lebih dalam tentang kota Bandung yang tumbuh dengan angkuh. Lewat suara-suara mereka yang telah, sedang dan akan bergulat melawan perampasan ruang hidup berkepanjangan kota Bandung.

Sesi berbagi kabar kawan-kawan solidaritas di titik konflik ruang hidup ini harapannya dapat menjadi medium untuk mempelajari pola-pola pembangunan yang barangkali akan dihadapi warga Jogja dan wilayah manapun lainnya ke depan, sekaligus sebagai penyemangat dan mempererat jejaring persekawanan yang sudah dibangun.

Terima kasih teman-teman kami, kolektif perempuan keren @metamorphoo_ yang sudah membuatkan poster cantik ini. Rekaman siaran ini bisa diunduh melalui tautan ini.
Host: Wishnu Ucok
Narasumber: Kelana dan Feru
Pimpinan Produksi: Mila
Operator: Dina